Monday, December 21, 2009

INFO MURAI BATU

Phylum/Pembagian Chordata
Kelas Aves
Ordo Passeriformes
Famili Muscipidae
Spesies C. malabaricus
Nama zoologi Copsychus malabaricus
Ciri-ciri fizikal : Murai Batu (White Rumped Sharma) merupakan salah satu burung berkicau yang cukup terkenal karena kemerduan suaranya. Ukuran tubuhnya kira-kira 27 cm dan berat sekitar 32 gram. Paruh berwarna hitam tipis dan ukuran kepalanya rata-rata bulat (walau ada beberapa yang berbentuk agak leper & sedikit lebih tebal). Panjang ekor 15 – 35 cm (bergantung pada jenis spesiesnya). Terdiri dari 4 helai ekor primer berwarna hitam dan 8 helai ekor sekunder berwarna putih (ada spesies tertentu berwarna hitam semua). Total jumlah ekor ada 12 helai. Individu jantan berwarna hitam pekat berkilau indigo dengan warna dada pada umunya berwarna oranye (ada beberapa berwarna merah marun) Manakala Murai Batu betina warnanya sedikit lebih pucat dari warna bulu jantan. Bagian kemaluan dibawah ekor berwarna putih. Ukuran tubuh Murai Batu betina sedikit lebih kecil dari Murai Batu jantan.
Habitat: Murai Batu biasanya hidup dihutan rimba dan dataran rendah hingga 1500 m dengan pepohonan rapat.

perfect 2!

Makanan: invertebrata kecil dan serangga. Pada umumnya burung ini memakan serangga seperti belalang, jcengkerik, ulat, cacing, ikan-ikan kecil, dan buah jenis tertentu.
Reproduksi: Inkubasi selama 12 – 15 hari. Burung jantan pada umumnya lebih agresif. Setiap hari bertelur sebanyak 1 biji. Jumlah telur boleh mencapai 6 biji. Warna telur putih dengan bintik coklat kemerahan. Pada saat menetas, anak burung (piyik) belum dapat membuka mata. Setelah kira-kira 6 hari mata baru dapat dibuka. Bulu-bulu mereka berkembang dalam waktu 11 hari.
Status konservasi: Masih kurang diberi perhatian walaupun populasinya semakin berkurangan. Seiring dengan kurangnya hutan belantara yang menyangga habitat mereka.
Usia: Murai batu boleh mencapai usia 10-15 tahun.
Wilayah penyebaran: Philipina, Indonesia, Malaysia, Kamboja, Thailand, Vietnam, Myanmar, Cina dan India.

Dipetik dari :
http://images.google.com.my/imgres?imgurl=http://asikcoy.files.wordpress.com/2009/09/murai-batu-coy.jpg&imgrefurl=http://asikcoy.wordpress.com/2009/09/22/murai-batu/&usg=__sGvaUhi40ZUEnWWdaW6CvCqZhqg=&h=640&w=426&sz=50&hl=en&start=17&tbnid=2ljkg9Wmnql01M:&tbnh=137&tbnw=91&prev=/images%3Fq%3Dmurai%2Bbatu%26gbv%3D2%26hl%3Den%26client%3Dfirefox-a%26rls%3Dorg.mozilla:en-US:official%26sa%3DG

No comments: